Aspek Ekonomi Desa Eretan

Desa Eretan Kulon merupakan sebuah desa dengan potensi ekonomi utamanya berada di sektor perikanan dan kelautan dengan presentase 60 % dari keseluruhan sumber daya yang ada. Mayoritas penduduk Desa Eretan Kulon berprofesi sebagai nelayan dengan pendapatan yang bervariasi sesuai dengan strata sosial nelayan seperti yang terendah yaitu Anak Buah Kapal (ABK) hingga yang tertinggi yaitu juragan.

Pusat kegiatan perekonomian perikanan berada di Tempat Pelelangan Ikan yang terletak di samping Koperasi Unit Desa. Tempat Pelelangan merupakan tempat berlangsungnya kegiatan jual beli ikan yang baru ditangkap dari laut, TPI di desa Eretan Kulon di pegang oleh Koperasi Unit Desa Eretan Kulon sebagai pemberi fasilitas. Kegiatan di Tempat Pelelangan Desa Eretan Kulon biasanya beroperasi setiap hari dari pukul 11 pagi sampai selesai tergantung seberapa banyak tangkapan nelayan hari itu, biasanya acara lelang ikan selesai jam 1 siang.

Berdasarkan hasil observasi kami, terlihat bahwa Koperasi Unit Desa memiliki peranan yang cukup penting dalam perekonomian nelayan. Selain berperan sebagai penyedia dan pemelihara Tempat Pelelangan Ikan, Koperasi Unit Desa juga berperan untuk meningkatkan perekonomian  kaum nelayan. Koperasi Unit Desa Eretan Kulon menyediakan tabungan bagi para nelayan, dimana setiap uang yang didapat dari hasil melaut harus mereka sisihkan untuk ditabung di Koperasi Unit Desa. Tabungan tersebut nantinya digunakan untuk membantu biaya pendidikan anak-anak nelayan. Selain untuk biaya pendidikan, tabungan ini bisa diambil saat musim paceklik dimana pada musim tersebut sulit untuk mendapatkan ikan. Jika para nelayan mengalami kecelakaan, disediakan dana asuransi kecelakaan yang di ambil dari tabungan nelayan. Semua hal tersebut di atur oleh para anggota Koperasi Unit Desa dalam rangka meningkatkan perekonomian nelayan.

Berdasarkan data yang didapat dari Koperasi unit Desa pada bulan Mei 2013, di dalam data tersebut dikatakan bahwa produksi ikan oleh para nelayan Eretan Kulon per bulan rata-rata 700-800 ribu kg per bulan dimana angka tersebut adalah angka yang cukup tinggi bagi sebuah desa yang mayoritas penduduknya nelayan. Jenis ikan yang paling sering ditangkap nelayan Eretan Kulon adalah petek dan peperek yang merupakan ikan yang akan diolah menjadi ikan asin kemudian diikuti kuniran, tiga waja, raja gantang, cumi-cumi, dan jenis ikan lainya. Selain perikanan,  terdapat usaha tambak di Desa Eretan Kulon. Komoditi yang dibudidayakan dalam tambak adalah benur, osla, udang, dan ikan lele.
Kegiatan perekonomian Desa eretan Kulon juga berada pada bidang pertanian, hasil komoditi utama dari pertanian ini berupa padi dimana dalam setahun petani dapat melakukan panen padi sebanyak tiga kali. Kegiatan perekonomian di bidang pertanian ini diatur oleh pemerintah desa yaitu bagian urusan Raksa Bumi. Selain itu, terdapat pula kegiatan peternakan yang termasuk dalam kegiatan perekonomian Desa Eretan Kulon.
Meskipun sebagian besar penduduk Desa eretan Kulon berprofesi sebagai nelayan, namun adapula profesi lain seperti pengusaha, guru sekolah dan pedagang di Desa eretan Kulon.

Tempat Pelelangan Ikan Eretan Kulon





Comments

Popular posts from this blog

Sejarah Desa Patrol Indramayu

Sejarah Desa Eretan Wetan

Sejarah Desa Arjasari Patrol Indramayu