Sejarah Desa Arjasari Patrol Indramayu

Legenda Desa ( Sasakala )
Dalam sejarah telah dijelaskan bahwa kehidupan nenek moyang kita selalu berpindah-pindah secara berkelompok untuk mencari kehidupan ditempat yang dianggap subur. Ilmu bercocok tanam yang mereka miliki masih sangat tradisional.
Kehidupan secara berpindah-pindah pada akhirnya tidak dapat dipertahankan lebih lama, mereka menetap ditempat baru dengan membuka hutan secara berkelompok berdasarkan keluarga, kemudian berkembang dan jadilah desa.
Terbentuknya Desa Arjasari

Dusun Tulangkacang dimekarkan semenjak tahun 1980 pemekaran dari Desa Bugel, saat itu nama Dusun Tulangkacang diganti dengan nama DESA ARJASARI dibawah kepemimpinan Bapak SUPARMAN sebagai pejabat sementara atau PJ dengan masa jabatan 2 tahun, Nama Arjasari sendiri diambil dari nama kaki Arja asal Losari. Karena kaki Arja adalah orang yang pertama mendiami Dusun Tulangkacang.
Dalam perkembangan membangun Desa Arjasari supaya maju dan sejahtera, setara dengan desa-desa lain maka dibangunlah Kantor Desa yang dikenal dengan nama Lebu atau Balai desa yang sangat sederhana oleh PJ. SUPARMAN, setelah 2 tahun dijabat Bapak SUPARMAN digantikan oleh PJ. DUL KOSIM selama 2 tahun, terus diganti lagi oleh  PJ. WASIDIN selama 2 tahun lagi.
Setelah 6 tahun Desa Arjasari di pimpin oleh Pejabat sementara atau PJ, maka pada tahun 1986 Desa Arjasari mengadakan pemilihan Kuwu yang pertama, dan terpilih Bapak Letnan R.SUDARJI menjabat selama 8 tahun, setelah itu diadakan pemilihan kuwu yang kedua dan terpilih Bapak H. TAFSIR dengan masa jabatan 8 tahun. Pemilihan kuwu yang ke 3 dijabat oleh Kuwu DRAJAT dengan masa jabatan 10 tahun. Kemudian, pemilihan kuwu yang ke 4 dijabat oleh Bapak Kuwu SAYIDI dengan masa jabatan 6 tahun. Demikian sejarah Desa Arjasari dari awal pemekaran hingga sekarang masih terus membangun tiada hentinya dan semoga kepada generasi penerus desa dapat melanjutkan pembangunan desa kita yang tercinta ini.
Adapun daftar Kepala Desa yang pernah memerintah sejak berdirinya Desa Arjasari adalah sebagai berikut;
Tabel 6

Nama Kuwu dan Lama Memerintah
No
Nama
Lama memerintah
Keterangan
1
SUPARMAN
1980-1982
Pj.
2
DULKOSIM
1982-1984
Pj.
3
WASIDIN
1984-1986
Pj.
4
R. SUDARJI
1986-1993
Pemilihan Kuwu
5
HM. TAFIR
1993-2001
Pemilihan Kuwu
6
DRAJAT
2001-2011
Pemilihan Kuwu
 7
SAYIDI
2012-2018
Pemilihan Kuwu

Comments

Popular posts from this blog

Sejarah Desa Patrol Indramayu

Sejarah Desa Eretan Wetan